Warta‎ > ‎Kiprah Bidang Perempuan‎ > ‎

Pos Eka Sahabat Alam: Tabungan Sampah

diposting pada tanggal 7 Jul 2013 21.43 oleh Humas PKS Coblong   [ diperbarui7 Jul 2013 21.44 ]
Pagi hari ber-Freeze Mob PKS untuk sambut Ramadhan 1434 H, siangnya Ahad 7 Juli 2013, Bidang Perempuan (Bidpuan) Dago mengadakan kegiatan penghimpunan Tabungan Sampah oleh Bank Sampah. Kegiatan dilakukan di RW 03 Dago Kecamatan Coblong, berlangsung dari pukul 13.00 sampai 15.00 WIB.

Menarik, apa sebenarnya Tabungan Sampah dan Bank Sampah itu? Bank Sampah ialah komunitas yang menerima sampah dari nasabahnya dalam hal ini warga masyarakat. Sampah yang diterima kemudian ditimbang, dihargakan, selanjutnya dicatat dalam buku rekening Tabungan Sampah nasabah (warga yang mengumpulkan sampah) di Bank Sampah. Sewaktu-waktu bila warga yang menjadi nasabah Bank Sampah memerlukan, maka uang yang tercatat dalam rekening Tabungan Sampah bisa ditarik.

Bank Sampah mengumpulkan sampah dari warga, bila sudah terkumpul maka sampah-sampah tersebut akan diambil oleh mitra komersial Bank Sampah. Bank Sampah melakukan kegiatan ini sekali setiap pekan / per 2 pekan. Di wilayah Coblong sudah terbentuk tiga Bank Sampah yang berlokasi di RW 12, RW 11, RW 03.

Sedang menimbang sampah untuk dihargakan
Sedang menimbang sampah untuk dihargakan
Warga yang sedang menabung sampah
Warga yang sedang menabung sampah
Tabungan Sampah warga di Bank Sampah
Tabungan Sampah warga di Bank Sampah
Comments