Warta‎ > ‎

Kolom


Artikel Dakwatuna

Artikel Al-Intima

Syirik Online

diposkan pada tanggal 12 Mei 2015 04.44 oleh Humas PKS Coblong   [ diperbarui12 Mei 2015 04.45 ]


Tanda Stop“Mau tahu apa arti di balik namamu? Gampang, klik  aplikasi ini”

“Ingin tahu bagaimana jodoh dan rejekimu? Ayo, coba saja yang ini”

Kedua rangkaian kalimat di atas tentunya bukanlah hal yang asing di telinga kita, terutama di berbagai media sosial. Di berbagai media massa seperti televisi dan surat kabar juga banyak sekali terdapat acara yang isinya terkadang tidak jauh berbeda.  

Jika kita runut lebih dalam, fenomena yang dianggap umum oleh masyarakat ini menyimpan bahaya laten yang terselubung dalam kemasan yang menarik. Tidakkah kita menyadari bahwa bahaya virus perusak akidah seperti ini amat mengancam diri dan keluarga kita?

Syirik Modern 

Pada contoh yang pertama, iklan tersebut menawarkan kepada masyarakat untuk meramalkan nasibnya atau meramalkan jenis pekerjaan apa yang cocok bagi seseorang cukup dengan referensi nama. Bentuk iklan lain yang sejenis menawarkan ramalan berdasarkan tanggal lahir, hari kelahiran menurut pasaran jawa (weton), bulan lahir (zodiak dan shio) atau bahkan cukup berdasarkan nomor telepon selular sang pengirim. Metode ramalannya pun terkadang menggunakan kartu tarot, horoskop, feng shui, buku primbon ataupun beberapa acuan cara lainnya.

Sejatinya, hal-hal tersebut tidak lain merupakan upaya meramal nasib seseorang yang dikemas dengan gaya modern. Jika dahulu orang harus mendatangi sang peramal dan media yang digunakan adalah bola kristal atau baskom berisi air mantera, kini cukup dengan menggunakan media telekomunikasi dan langsung terhubung alias on-line. 

Walau telah berkali-kali kita dengar dan pelajari sebelumnya dari para ustadz dan ulama, terkadang kita masih saja tidak yakin bahwa hal yang ghaib adalah milik Alloh SWT semata. Hal ini ditegaskan dalam firmanNya pada ayat berikut:

“Katakanlah : "Tidak ada seorangpun di langit dan di bumi yang mengetahui perkara yang ghaib, kecuali Allah", dan mereka tidak mengetahui kapan mereka akan dibangkitkan”  (QS. 27. An Naml : 65)

 “(Alloh SWT adalah Tuhan) Yang Mengetahui yang ghaib, maka Dia tidak memperlihatkan kepada seorangpun tentang yang ghaib itu” 
(QS 72. Jin : 26)

Di kalangan masyarakat kita, beberapa atau mungkin kebanyakan bahkan meyakini bahwa ada sejumlah orang pintar yang memiliki kelebihan dapat mengetahui berita ghaib sehingga bisa meramalkan masa depan. Ketahuilah bahwa orang mengetahui hal ghaib dari jin yang bekerja sama dengannya dimana berita itu diperoleh dengan cara mencuri dengar rahasia Alloh SWT di langit. Padahal, jin mendapatkannya dengan resiko dibakar dengan panah api oleh malaikat.

“Dan sesungguhnya kami (para jin) telah mencoba mengetahui (rahasia) langit, maka kami mendapatinya penuh dengan penjagaan yang kuat dan panah-panah api. Dan sesungguhnya kami dahulu dapat menduduki beberapa tempat di langit itu untuk mendengar-dengarkan (berita-beritanya). Tetapi sekarang,  barangsiapa yang (mencoba) mendengar-dengarkan (seperti itu) tentu akan menjumpai panah api yang mengintai (untuk membakarnya) (QS 71 Al Jin : 8-9).

Lebih jauh lagi, apabila seseorang minta diramal nasibnya atau menanyakan perihal masa depannya kepada seseorang lalu mempercayai ramalan tersebut, maka sesungguhnya dia telah percaya ada makhluk yang mampu untuk mengetahui hal ghaib selain Alloh SWT dan ada yang menyamai kemampuan atau sifat Alloh SWT sebagai Al ‘Alim (Maha Mengetahui). 

Dalam konsep keimanan, kita harus meyakini bahwa Alloh SWT memiliki sifat mukholafatu lil hawadist atau tidak akan pernah serupa/sama sifat maupun kemampuannya  dengan makhluk. Filosofi penting lainnya yang begitu akrabnya di telinga adalah kita harus meyakini konsep la hawla wa la quwwata illa billaah atau tiada daya upaya dan kekuatan apapun yang dominan kecuali yang dimiliki Alloh SWT. Dengan demikian, perbuatan ini sama kategorinya dengan mempersekutukan Alloh SWT dan jatuhlah hukum syirik padanya sebagaimana pada hadits berikut:

Sahabat Imran bin Husfaain ra berkata, bahwa Rasulul.lah saw telah bersabda, "Tidak termasuk umatku orang yang percaya kepada ocehan burung atau orang yang meramal ocehan burung, orang yang minta diramal nasibnya atau orang yang meramalnya, dan orang yang menyihir atau orang yang dimintai tolong untuk menyihir orang lain. Dan barangsiapa datang kepada juru nujum (tukang ramal), kemudian dia percaya kepada apa yang dikatakannya, berarti dia telah melakukan tindak kekufuran terhadap apa yang diwahyukan kepada Muhammad saw." (HR. Bazar dengan sanad yang bagus).

Ramalan Untuk Iseng 

Mungkin beberapa di antara kita ada yang berkelit bahwa ia hanya iseng-iseng saja dengan mengirimkan sms untuk sekedar tahu bagaimana masa depannya. Sama juga dengan membuka rubrik ramalan zodiak/bintang di media cetak untuk memotivasi dirinya berbuat lebih baik. Ketahuilah, dalam hadits yang lain dijelaskan bahwa hanya dengan mendatangi peramal dan mencari tahu kabar masa depannya walau mungkin iseng dan tidak percaya adalah sangat tidak diperbolehkan dalam Islam. Terlebih lagi, secara tidak  sadar kita lalu mengkait-kaitkannya dengan kondisi yang ada sehingga akhirnya sedikit percaya hingga ia menjadi kufur/ingkar pada Alloh SWT. Jangan lupa bahwa tindakan kita mengirimkan sms ramalan atau membaca rubrik ramalan adalah sama saja dengan mendatangi peramalnya. 

Sahabat Wailah bin Asqa' ra berkata: Aku telah mendengar Rasulullah saw bersabda: "Barangsiapa datang kepada seorang dukun kemudian menanyakan sesuatu, maka tidak akan diterima taubatnya selama empat puluh hari. Dan bila kemudian percaya kepada apa yang dikatakan si dukun, berarti dia telah melakukan tindak kekufuran." (HR. Tabrani).

Hadits di atas menunjukkan bahwa hanya dengan datang ke peramal dan menanyakan ramalan saja akan menyebabkan taubatnya tidak diterima selama empat puluh hari. Hal ini terjadi dikarenakan oleh kedatangan dan pertanyaannya tentang hal tersebut menunjukkan betapa niatnya untuk syirik dan mengotori hatinya walaupun kesannya pura-pura, tidak disengaja dan iseng. Perkara syirik atau mempersekutukan Alloh SWT adalah hal yang sangat besar keberadaan dan  dampaknya karena dianggap kezaliman yang besar di mata Alloh SWT. 

“Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: "Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar." (QS 31. Luqman : 13)

Dalam sumber hadits yang lain bahkan disebutkan bahwa rasa ingin tahu manusia pada berita ghaib tentang masa depan lalu membenarkannya maka dapat membuat ibadah sholatnya tidak diterima oleh Alloh SWT. Hal ini bukan berarti bahwa orang-orang yang diramal lebih baik tidak usah sholat saja karena toh pasti ditolak Alloh SWT.

Sahabat Shafiyah binti Abi Ubaid mengetengahkan sebuah riwayat bersumber dari salah seorang istri Rasulullah, ba.hwa Rasulullah saw telah bersabda: "Barangsiapa berkunjung ke dukun kemudian menanyakan sesuatu, lalu dia membenarkan kata-kata si dukun, maka Allah tidak akan menerima shalatnya selama empat puluh hari." (HR. Muslim).

Hadist di atas adalah sejalan dan seirama dengan ayat Alloh SWT yang menggambarkan bahwa perbuatan syirik adalah hal yang benar-benar harus dihindari karena dapat menyebabkan dihapuskannya amal ibadah kita dan membuatnya menjadi tidak berarti di mata Alloh SWT seperti dalam ayat berikut ini:

“Itulah petunjuk Allah, yang dengannya Dia memberi petunjuk kepada siapa yang dikehendakiNya di antara hamba-hambaNya. Seandainya mereka mempersekutukan Allah, niscaya lenyaplah dari mereka amalan yang telah mereka kerjakan” (QS 6. Al An’am : 88)

Lebih jauh lagi, orang yang melakukan perbuatan syirik seperti ingin mengetahui ramalannya tersebut hanya akan membuat surga yang didambanya akan semakin jauh dari harapannya. Para pelaku syirik yang dikenal juga dengan istilah musyrik oleh Alloh SWT diberi label sebagai orang yang diharamkan masuk surga. Na’udzubillahi min dzaalik.

“…Sesungguhnya orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka pasti Allah mengharamkan kepadanya surga, dan tempatnya ialah neraka, tidaklah ada bagi orang-orang zalim itu seorang penolongpun” (QS Al Maidah : 72)

Hal yang senada juga disampaikan dalam hadits berikut ini:

Sahabat Abi Musa Al-Asy'ari ra berkata, bahwa Rasulullah saw telah bersabda, "Selamanya tidak akan pernah masuk sorga orang yang selalu minum minuman keras, orang yang per.caya kepada sihir, dan orang yang memutus tali persaudaraan." (HR. Ibnu Hibban dalam kitab shahihnya).

Bahaya Lain dari Syirik

Selain bahayanya syirik sebagaimana dijelaskan di atas yaitu menjadi kufur, melakukan kezaliman yang besar, ditolak taubat dan ibadah sholatnya selama 40 hari serta akan diharamkan masuk surga, sesungguhnya masih banyak lagi bahaya lain dari syirik.

Perbuatan mempersekutukan Alloh SWT dengan sesuatu apapun akan diganjar dengan dosa yang amat besar dan dosa tersebut tidak akan diampuni Alloh SWT, padahal Dia adalah Maha Pengampun.

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar” (QS 4. An Nisa: 48)

Syirik juga menjadi suatu hal yang harusnya benar-benar kita hindari sekecil apapun itu dalam bentuk apapun. Syirik adalah perbuatan yang oleh Alloh SWT disebut sebagai kesesatan yang amat parah.

“…Barangsiapa yang mempersekutukan (sesuatu) dengan Allah, maka sesungguhnya ia telah tersesat sejauh-jauhnya” (QS 4. An Nisa: 116)

Wallahu a'lam bish showab.

Fisika Bicara Tentang Ukhuwwah

diposkan pada tanggal 12 Mei 2015 04.26 oleh Humas PKS Coblong   [ diperbarui12 Mei 2015 04.27 ]


Fisika
Sesungguhnya Alloh SWT telah menebarkan nasihat kehidupan untuk manusia di muka bumi ini agar menjalani hidup sebagaimana mestinya, termasuk dalam hal persaudaraan. Nasihat tersebut terkadang berupa hikmah yang harus direnungi, sebagaimana kita men-tadabburi berbagai ciptaan Alloh SWT, seperti Ilmu Fisika.

Pendahuluan

Ukhuwwah Islamiyyah merupakan anugerah yang agung dan mahal dari Allah Subhanallahu wa Ta’ala dan ini merupakan nikmat kepada para hamba-Nya yang mukmin, sebagaimana dalam firman-Nya:

“Dan ingatlah akan nikmat Allah kepada kalian ketika kalian dahulu (pada masa Jahiliyah) saling bermusuhan, maka Allah  mempersatukan hati-hati kalian, lalu menjadilah kalian karena nikmat Allah, orang-orang yang bersaudara; dan kalian telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kalian dari padanya.” (Ali Imran : 103)

Ukhuwwah Islamiyyah adalah kekuatan iman dan spiritual yang melahirkan perasaan yang dalam terhadap kasih sayang, mahabbah (kecintaan), kemuliaan dan rasa saling percaya sesama orang yang terikat dengan aqidah Islam, iman dan taqwa. Perasaan persaudaraan ini melahirkan sikap positif, seperti tolong-menolong, mengutamakan orang lain, kasih sayang, pemaaf, pemurah, setia kawan dan sikap mulia lainnya. Demikian pula persaudaraan ini dapat menjauhkan setiap yang membahayakan manusia, baik yang menyangkut diri, harta dan kehormatan.

Sejarah telah membuktikan bahwa rasa ukhuwwah yang mumpuni dapat melekatkan hubungan yang luar biasa. Mari kenang kembali betapa Rosululloh SAW dan para sahabatnya begitu cintanya kepada seluruh orang yang beriman. Kita juga dapat melihat betapa hebatnya pengorbanan kaum Anshor di Madinah terhadap para Muhajirin dari Makkah sehingga mereka tidak segan berbagi harta dan saling membantu. 

Dalam peperangan di Padang Karbala, kita juga dapat mengenang rasa itsar atau mendahulukan kepentingan orang lain pada kisah pejuang muslim yang sekarat dan kehausan namun lebih memilih untuk memberikan kesempatan untuk meneguk air minum kepada rekannya. Kita juga sebaiknya tidak melupakan bagaimana sebuah kisah menyejukkan dimana ketika salah seorang sahabat berniat memberikan masakan daging kambing kepada tetangganya namun karena setiap orang dengan ikhlasnya lebih memilih untuk memberikannya kepada tetangganya yang lebih membutuhkan akhirnya masakan itu kembali pada dirinya dengan utuh setelah melalui tangan beberapa tetangga. Berbagai kisah yang ada tersebut mencerminkan bahwa salah satu karakter yang harus ada pada insan yang beriman adalah ukhuwwah.

”Muhammad itu adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan dia adalah keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka....” (QS Al Fath : 29)
Ukhuwwah Dalam Fisika

Jika ditelisik lebih dalam, ukhuwwah sebenarnya merupakan salah satu bentuk hubungan psikologis antara dua orang yang beriman dengan melibatkan unsur hati dan rasa. Ukhuwwah tentunya membutuhkan keberadaan interaksi antara kedua orang tersebut. Apabila interaksi ini hanya bersifat sepihak, maka ukhuwwah tidak akan tercipta dengan baik sebagaimana mestinya.

Dengan rasa ukhuwwah yang tinggi, kedua orang mukmin yang berinteraksi tersebut seolah-olah memiliki rasa kedekatan yang juga tinggi. Keduanya terlihat menyatu dan begitu lekat, terutama pada hati mereka yang sepertinya memiliki gaya tarik-menarik sehingga menjadi begitu akrabnya. Demikian pula sebaliknya, pada orang yang tidak memiliki unsur ukhuwwah, baik keduanya ataupun hanya salah satunya, maka antara hati mereka pun berjauhan bahkan mungkin akan saling bertolak belakang.

Karena ukhuwwah terkait dengan hubungan antar manusia dan terjadi gaya tarik-menarik dan tolak-menolak antara hati keduanya, sebenarnya, kita juga dapat menelaahnya dalam cara pandang berbagai cabang ilmu pengetahuan, seperti Fisika. Walaupun dikenal sebagai ilmu yang njelimet dengan berbagai rumusnya, Ilmu Fisika sebenarnya tidak melulu berbicara masalah hitung-hitungan. Jika kita membedah aspek filosofinya, kita juga dapat mengupas tentang ukhuwwah.

Gaya Tarik Menarik dan Tolak Menolak

Apabila ingin membahas tentang hubungan interaksi tarik-menarik dan tolak menolak, seperti ukhuwwah, maka di dalam ilmu fisika, terdapat sebuah prinsip hukum gaya interaksi antara dua benda. Gaya interaksi ini diuraikan oleh ilmuwan Fisika terkenal, Sir Isaac Newton, dengan hukum gravitasi alam semesta. Dalil ini juga kemudian diadaptasi untuk gaya tarik menarik antara dua muatan listrik statis dengan hukum Coulomb ataupun gaya tarik menarik antara dua kutub magnet.

Dalam dalil tersebut dijelaskan bahwa pada dua buah obyek benda di jagat raya ini sebenarnya terdapat gaya tarik menarik yang sebanding dengan sebuah nilai tertentu yang disebut konstansta, sebanding dengan kedua massa benda dan berbanding terbalik dengan jarak antara kedua benda secara kuadratis. Apabila massa kedua benda semakin besar dan jarak antara keduanya semakin kecil maka gaya tarik menarik antara keduanya akan semakin besar. Demikian juga yang akan berlaku sebaliknya. Hal yang sama juga terjadi pada listrik statis dan kutub magnet yang dipengaruhi oleh besar muatannya dan besar kekuatan kutub magnetnya.

Apabila ingin membahas tentang hubungan interaksi tarik-menarik, seperti ukhuwwah, maka di dalam ilmu fisika, terdapat sebuah prinsip hukum gaya interaksi antara dua benda. Gaya interaksi ini diuraikan oleh ilmuwan Fisika terkenal, Sir Isaac Newton, dengan Hukum Gravitasi Alam Semesta. Dalil ini juga kemudian diadaptasi untuk gaya tarik menarik antara dua muatan listrik statis dengan hukum Coulomb ataupun gaya tarik menarik antara dua kutub magnet.

Prinsip ini juga dapat diterapkan pada hubungan ukhuwwah. Gaya tarik menarik antara kedua obyek alam semesta dengan gravitasi, ataupun pada magnet dan muatan listrik dapat dianalogikan dengan pengaruh yang kuat dalam ukhuwwah sehingga menimbulkan ketertarikan dan kedekatan hati antara kedua orang mukmin. Dengan demikian, dengan mengadopsi prinsip fisika, besarnya kekuatan ukhuwwah juga dipengaruhi oleh beberapa unsur yaitu :

a. Membutuhkan Keimanan

Sebuah magnet sebesar apapun tidak akan mampu untuk menarik sebuah kayu, plastik dan benda lain yang tidak memiliki sifat konduktor magnet. Demikian pula dengan ukhuwwah, ia tidak akan muncul apabila dilakukan bukan atas dasar keimanan. Ia hanya akan menjadi hubungan biasa yang tak bermakna.

Ukhuwwah Islamiyyah adalah sifat yang menyatu dengan iman dan taqwa. Tidak ada ukhuwwah tanpa iman, dan tidak ada iman tanpa ukhuwwah. Hal ini sesuai dengan firman Alloh SWT dalam Al Qur’an

“Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara...” (QS. Al Hujuraat : 10)

Sesungguhnya yang menimbulkan cinta dan ukhuwwah adalah Alloh SWT. Sehebat apapun usaha manusia untuk menumbuhkan ukhuwwah namun jika tidak dilandasi karena Alloh SWT maka akan sirna belaka.

”Walaupun kamu membelanjakan semua (kekayaan) yang berada di bumi, niscaya kamu tidak akan dapat mempersatukan hati-hati mereka, akan tetapi Allah telah mempersatukan hati-hati mereka. Sesungguhnya Dia Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (Al-Anfal : 63)

Rosululloh SAW pun telah menyitir hal ini dalam haditsnya bahwa dengan cinta yang tulus murni dan ikhlash yang menjadi prasyarat terciptanya hubungan yang kokoh hanya bisa dicapai apabila dilandasi karena Alloh SWT.

”Paling kuat tali hubungan keimanan (antara sesama mukmin) ialah cinta karena Alloh SWT dan benci karena Alloh SWT. (HR. Ath-Thabrani)

b. Besarnya muatan internal

Pada dua buah magnet yang kecil yang melekat karena memiliki gaya tarik menarik, kita dapat mengamati bahwa akan sangat mudah untuk memisahkan antara keduanya. Demikian pula dengan mudahnya dapat dipahami bahwa akan semakin sulit memisahkan dua buah magnet berukuran besar karena gaya magnet keduanya juga membesar. Hal yang sama juga akan terjadi pada dua buah muatan listrik statis.

Gejala ini tentunya dapat dijelaskan dengan teorema hubungan interaksi dalam Hukum Gravitasi Alam Semesta. Besarnya gaya interaksi antara kedua benda, termasuk magnet dan muatan listrik, sebanding dengan besarnya muatan internal pada keduanya. Pada gravitasi, jika massa kedua benda makin besar maka gaya tariknya akan bertambah. Demikian juga gaya tarik pada magnet dan listrik statis yang dipengaruhi oleh besarnya kutub magnet dan besarnya muatan listrik.

Dengan demikian, sesungguhnya Alloh SWT ingin berpesan kepada kaum muslimin melalui ilmu Fisika bahwa apabila ingin meningkatkan kualitas ukhuwwah islamiyyah maka kita masing-masing harus memperbesar intensitas muatan internal yang ada pada diri masing-masing. Jika berbicara ukhuwwah maka muatan internal yang dimaksud tentunya adalah rasa cinta karena iman dan keterbukaan hati yang dipengaruhi oleh taqwa.

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan melalui Anas bin Malik ra bahkan digambarkan hubungan antara kekuatan iman dan besarnya ukhuwwah islamiyyah dimana Nabi Muhammad SAW bersabda, ”Salah satu di antara kalian tidak beriman sebelum ia mencintai saudaranya seperti mencintai diri sendiri (Shahih Muslim).

Fisika ternyata telah mengajarkan pada kita bahwa apabila kita menginginkan adanya rasa ukhuwwah yang sejati dan kedekatan yang hangat, maka kedua belah pihak juga harus meningkatkan rasa kecintaannya.  

c. Memperkecil Jarak dan Kesenjangan

Dua buah magnet akan menunjukkan interaksinya apabila telah berada pada medan magnet. Jika kita memisahkan keduanya pada jarak tertentu maka gaya magnetnya tidak akan memiliki pengaruh. Semakin jauh jarak keduanya maka akan semakin kecil gaya tarik menariknya bahkan jika makin menjauh maka akan menjadi nol. Sebaliknya juga akan semakin besar gaya itu jika makin mendekat.

Demikian pula yang berlaku pada ukhuwwah. Jika kita menginginkan ikatan hubungan ukhuwwah yang kuat maka kita harus memperpendek jarak dan kesenjangan, terutama yang bersifat batin. Dalam hal ini, Islam telah mengajarkan kepada kita untuk senantiasa memelihara silaturrahim dengan memperbanyak berkunjung ke rumah saudara seiman dengan berjumpa dan berpisah karena Alloh SWT.

Berbagai upaya untuk menjauhkan hubungan dengan sesama muslim seperti permusuhan dan kebencian adalah hal yang dibenci. Islam bahkan mengecam keras bagi seorang yang berupaya menjauhi saudaranya apalagi memutuskan tali silaturrahim. Lebih dari itu, jikapun terpaksa kita berkonfrontasi, maka batas maksimalnya hanyalah tiga hari dan itupun adalah hal yang harus dijauhi.

Dari Anas bin Malik ra. bahwa Rasulullah saw. bersabda, Janganlah kamu saling membenci, saling mendengki dan saling bermusuhan, tetapi jadilah kamu hamba-hamba Allah yang bersaudara. Tidak halal seorang muslim mendiamkan (tidak menyapa) saudaranya lebih dari tiga hari (Shahih Muslim).

Sesungguhnya Rasulullah saw. bersabda, "Tidak halal seorang muslim mendiamkan (tidak mau menyapa) saudaranya lebih dari tiga malam di mana keduanya bertemu lalu yang ini berpaling dan yang itu berpaling. Yang terbaik di antara keduanya ialah orang yang memulai mengucapkan salam" (Shahih Muslim No. 4643).

Kemerdekaan (Kebangkitan) Itu Sungguh Bermakna

diposkan pada tanggal 21 Jun 2014 03.43 oleh Humas PKS Coblong   [ diperbarui12 Mei 2015 04.23 ]


Indonesia
Kemerdekaan (Kebangkitan) negeri dan bangsaku sangatlah berharga dan sungguh bermakna. Direbut dan diraih dengan terentang lama, melalui anak-anak negeri yang berharap nusantara ini merdeka (bangkit). Kemerdekaan (kebangkitan) negeriku diwariskan dari jutaan harapan, pengorbanan, rintihan, air mata dan rentetan doa pendahuluku yang amat banyak tak mencicipinya kini. 

Akankah diri ini bersyukur atas kemerdekaan (kebangkitan) yang kunikmati tanpa sedikitpun mengisinya dengan hal-hal sarat makna? Negeriku, Bangsaku, telah terlahir kini Negaraku, 69 tahun yang silam. Indonesiaku Negaraku, masih tengadah dan menerima peluh ikhtiar anak bangsa untuk membangun dan mewujudkan cita-cita bangsa dan tujuan negara ini ada.

69 tahun terlewati, inilah tampilan Negaraku kini. Laksa roda berputar, kadang memutar meninggi, kadang merosot menuruni masa. Negaraku pun masih membuka tangan dan siap menerima antrian peluh-peluh kerja. Agar karunia yang kini kita terima takkan terlepas lagi, sebab kita telah lalai atasnya. Mungkin torehan ujung “pena” ini bisa kau anggap peluh kecil anak negeri. Bangkit Indonesiaku #IndonesiaRaya.

Kau, Anak Negeri…

Bangkit dan beri peringatan

Hempas dan campakkan kecemasan

Buang dan lempar kemalasan

Kubur dan hancurkan kepalsuan

Saatnya kau tengadah kini hadapi badai kehidupan kemerdekaan,

hari diharu huru-hara, diburu bara-bara biru, dideru debu-debu, dijarah penjajah

Tetap berdiri…

Karena engkau bukan tiang keropos,

kau adalah baja, memancang julang bangunan tinggi cakar angkasa...

Tempatmu bukan masa lalu,

merenda mimpi apologi, memuja bukan peluh sendiri

Kau putera masa depan…

Bukan tumpukan kardus mendebu abu, tapi bara api biru,

berpanas, membakar munafik angkara

Tancapkan kaki tapaki negeri, gantungkan citamu di bintang surya

Bakar hancurkan kemalasan

Getarkan jiwa

Reguk kemerdekaan

BANGKIT guncangkan…

Lantangkan MERDEKA!!!

Dusta Takkan Bertahan

diposkan pada tanggal 12 Jun 2014 22.42 oleh Humas PKS Coblong   [ diperbarui12 Jun 2014 22.43 ]


  1. Pagi, Dusta takkan bertahan...
  2. Rakyat kita terlalu kuat, Untuk mau menerima dusta..Tapi buka dulu topengmu...
  3. Anda tahu? 4 Adhipura yg selalu diterima zaman foke... Kini lenyap sama sekali... DKI tanpa Adhipura... lalu apa?
  4. Ada banyak dusta setelah ESEMKA... INI adalah permainan tipu daya... Dan... Anda tahu kita sedang bicara siapa?
  5. Dulu, orang-orang dimobilisir membayar uang muka mobil ESEMKA Ternyata hanya citra...
  6. Lalu, Dimanakah uang muka itu? Jika tak ada produksi. Maka uang muka itu untuk apa?
  7. Aku hanya menaruh simpati pada Sukiyat. Pendiri bengkel ESEMKA... Yang punggungnya dijadikan tangga...
  8. Dan punggung kita semua... Punggung rakyat Indonesia... Kita tak dapat apa-apa..
  9. Solo... Sesuatu yang tragis... Kegagalan berlabel sukses... Kemiskinan yg dinafikan...
  10. Saya ingin menjelaskan data apa adanya... Ini adalah audit BPK... Data negara...
  11. Dalam data itu ditunjukkan adanya penurunan pendapatan Asli Daerah terhadap APBD. Apa maknanya?
  12. (PAD) adalah penerimaan dalam bentuk uang masuk ke Kas Daerah yang berasal dari PENERIMAAN MURNI yaitu Pajak Daerah, dll.
  13. Pendapatan Daerah adalah PAD + Dana Perimbangan dari pemerintah pusat dan/atau provinsi dalam bentuk (DAU), (DAK), dll.
  14. Dari tabel nanti tampak bahwa sejak 2005 hingga 2010, rasio PAD dibanding Pendapatan Total Daerah selalu turun.
  15. Perlu dicatat bahwa yang turun adalah rasionya, bukan nominalnya.
  16. Perlu dicatat hati2 adanya Kenaikan Rasio PAD pada tahun fiskal 2011 dan 2012 disebabkan oleh Pengalihan.
  17. BEA PEROLEHAN HAK ATAS TANAH DAN BANGUNAN serta PAJAK BUMI dan BANGUNAN (PBB) yang mulai 2011 dialihkan menjadi PAJAK DAERAH.
  18. Penurunan rasio PAD terhadap APBD ini artinya apa?
  19. Pertama, Kepala Daerah tidak mampu mengoptimalkan kerja DINAS PENDAPATAN.
  20. Dalam rangka apa? Untuk melakukan ekstensifikasi dan intensifikasi pajak dan retribusi daerah.
  21. Kepala Daerah tidak melakukan pengawasan yang memadai terhadap KEBOCORAN dari Pajak dan Retribusi Daerah.
  22. Kepala Daerah mengandalkan uluran tangan dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi untuk menutup “defisit” APBD yang semakin besar.
  23. Kepala Daerah dengan TIPE seperti ini jika kelak menjadi Presiden, maka hanya akan mengandalkan UTANG NEGARA.
  24. Ini untuk menutup ketidakmampuannya dalam menggali potensi penerimaan negara dari pajak dan penerimaan negara bukan pajak.
  25. Ini ironis dengan SLOGAN atau TAGLINE kampanye mereka yang akan menjadikan EKONOMI BERDIKARI.
  26. Ini asli... bukan karangan...
    Rasio PAD berbanding Pendapatan Daerah Kota Surakarta
  27. Hanya data keuangan dari LAPORAN KEUANGAN Kota Surakarta yang telah DIAUDIT yang harus dijadikan pegangan.
  28. Data dari institusi lain, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, hanya menjadi pembanding.
  29. Tapi tidak bisa diyakini kebenarannya karena belum diaudit oleh auditor negara (BPK).
  30. Karena data tersebut kemungkinan adalah TARGET PAD, bukan REALISASI PAD.
  31. Saya bantu, membuka data ini. Agar menyiapkan tangkisan. Tapi dusta tidak bisa terus ditutup.
  32. Sementara... demikian...

PKS Dukung Prabowo Hatta dengan 3 Pertimbangan Dasar

diposkan pada tanggal 27 Mei 2014 20.45 oleh Humas PKS Coblong   [ diperbarui27 Mei 2014 20.47 ]


Saya ingin bicara dengan kader & simpatisan PKS tentang agenda Pilpres 2014. Mudah2an ini bisa memperjelas dan meringankan langkah kita.
Pasangan Capres Cawapres Prabowo-Hatta
  1. Mendukung Prabowo-Hatta sebagai Capres-Cawapres adalah sikap politik PKS yang didasari keputusan Majelis Syura. Keputusan kelembagaan.
  2. Tentu ada proses politik sebelumnya dgn Prabowo sebagai Capres. Karena sblmnya PKS punya 3 nama tuk Capres.
  3. Semua proses komunikasi politik hingga sepakat Prabowo-Hatta sbg Capres-Cawapres melalui syura sbg prinsip pengambilan keputusan.
  4. 3 pertimbangan dasar PKS dukung Prabowo-Hatta: kepentingan kebangsaan, kepentingan keumatan dan kepentingan kepartaian.
  5. Kepentingan kebangsaan dikaji melalui visi dan agenda Prabowo dan Gerindra. Prinsip kemajuan dan kemandirian disepakati.
  6. Kepentingan keumatan dilihat sbg kelanjutan dr aspirasi politik bbrp parpol dan ormas Islam yg sblmnya sering bertemu.
  7. Kepentingan kepartaian ditimbang pd kondisi yg mendukung upaya pengokohan dan pengembangan PKS ke depan. Suara 2014 adl baseline.
  8. Juga ada pertimbangan aspek leadership dan potensi kerjasama politik dari sosok capres yg ada. Membulatkan pilihan ke Prabowo.
  9. Deklarasi dukungan thd Prabowo dilakukan di kantor DPP PKS yg dihadiri lengkap pimpinan lembaga tinggi PKS. Sikap resmi partai.
  10. Ketua Majelis Syura dan Presiden PKS juga hadir dlm deklarasi pasangan Prabowo-Hatta sbg capres-cawapres.
  11. Presiden PKS dan Ketum Parpol lain serta Prabowo-Hatta duduk sbg Dewan Penasehat tim pemenangan terpadu. Semua Sekjen sbg Waketum
  12. Semua agenda pemenangan Prabowo-Hatta disusun bersama dan direalisasikan bersama dgn pembagian tugas yg jelas.
  13. Secara khusus PKS bertgjwb thd pengamanan suara. Saksi PKS yg militan dan sistem rekap yg handal sgt dibutuhkan tuk pemenangan.
  14. Kader dan Simpatisan PKS akan ditugaskan menjadi saksi di TPS, PPS, PPK, KPU daerah-provinsi-pusat. Juga menghandle sistem rekap.
  15. PKS siapkan lagi 1 juta kader dan simpatisannya tuk pastikan proses pencoblosan, penghitungan dan rekapitulasi berjalan benar.
  16. PKS juga akan fokus pada operasi teritorial tuk pemenangan Prabowo-Hatta. Perang darat ini sgt menentukan kemenangan.
  17. Operasi teritorial PKS sprt biasa akan gunakan metode direct-selling melalui komunikasi door-to-door. Segmen sasaran diperluas.
  18. Operasi teritorial PKS juga didukung armada muballigh, khatib dan imam yg secara masif dan persuasif bicara kpd ummat.
  19. Armada perempuan PKS yg terkenal militan, juga armada Kepanduan yg sigap serta Gema Keadilan yg progresif akan bahu-membahu.
  20. Presiden PKS Anis Matta kembali akan keliling ke semua DPW tuk gelorakan semangat memenangkan Prabowo-Hatta.
  21. Dan dimensi spiritual perjuangan pun akan digelorakan. Momentum ramadhan sbg bulan ibadah dan perjuangan. Juga bulan silaturahim.
  22. Itulah fokus agenda pemenangan PKS tuk ikhtiarkan Prabowo-Hatta terpilih sbg Presiden-Wakil Presiden RI 2014-2019.

Capres PKS

diposkan pada tanggal 23 Feb 2014 22.13 oleh Humas PKS Coblong   [ diperbarui23 Feb 2014 22.15 ]


  1. #PKS sdh umumkan #capresPKS hasil Pemira.. Ada yg bilang ikut2an, atau pengalihan isu, juga komentar2 lain. Kami dengarkan..#capresPKS
  2. Mengapa #PKS perlu umumkan #capresPKS? Apa itu Pemira, pemilu raya? Mengapa 3 orang? Kenapa gak presidennya aja langsung jd capres?
  3. #PKS adlh partai kader.. Proses kaderisasi adlh inti gerak roda kepartaian.. Partai menyediakan kader kpd masyarakat.. #capresPKS
  4. Salah satu ukuran keberhasilan kaderisasi adlh sejauh mana kader #PKS diterima & dianggap mampu mengemban amanah publik.. #capresPKS
  5. Karena itu di #PKS tdk ada orang yg ujug2 jadi capres.. Harus ada prosesnya.. Kaderisasi berjenjang & tdk gampang.. #capresPKS
  6. Jabatan publik adlh amanah, krn itu hrs diisi oleh orng yg tepat.. #PKS memastikan kader yg akan mengisi adlh orang yg tepat.. #capresPKS
  7. Contohnya Pemira (pemilu raya).. #PKS sudah menjalankannya sejak lama.. Sebelum heboh capres atau konvensi..  #capresPKS
  8. Memang selama ini Pemira hanya ramai di internal, tdk diekspos.. Skrg kami buka agar masyarakat tahu proses kaderisasi #PKS.. #capresPKS
  9. Prinsip Pemira : calon pemimpin harus diterima (acceptance).. Kalau di internal saja acceptance belum kuat, bgm ke luar?? #capresPKS
  10. Ibaratnya, Pemira adlh PON utk memilih atlet yg akan ikut Olimpiade :).. Ada kompetisi, tp yg lbh penting kaderisasi.. #capresPKS
  11. #PKS bertanggung jwb memastikan kader yg nanti diajukan punya acceptance dan competence.. Makanya di tes dulu.. #capresPKS
  12. #PKS juga memastikan prosesnya terbuka & transparan.. Bukan hanya kader, publik pun bisa melihat & menilai.. #capresPKS
  13. Kenapa 3? Bkn krn nomor urut #PKS skrg No. 3 lho :).. Prinsipnya lbh dr satu hingga ada ruang buat penilaian & perimbangan.. #capresPKS
  14. Kalau dr awal langsung 1, maka Pemira sbg kaderisasi tdk berjalan.. Kompetisi internal tertutup.. Publik tdk punya pilihan.. #capresPKS
  15. Skrg, ketiga #capresPKS sdg menawarkan gagasannya.. Tidak hanya kpd kader, tapi juga publik yg luas.. Semangatnya fastabiqul khairat..
  16. Pada wktnya nanti, #PKS akan mengajukan #capresPKS yg definitif sbg pertanggungjawaban kaderisasi kpd publik.. Publik silakan menilai...


Penulis: @anismatta

Mengapa 2014

diposkan pada tanggal 23 Feb 2014 22.07 oleh Humas PKS Coblong   [ diperbarui23 Feb 2014 22.07 ]


  1. Pemilu 2014 penting & punya arti historis.. Semacam "ujian akhir semester" demokrasi prosedural pasca-Reformasi.. #mengapa2014
  2. Kita sudah belajar demokrasi prosedural : pemilu langsung, pembatasan jabatan presiden, trias politika, otonomi daerah.. #mengapa2014
  3. Saatnya beralih ke substansi demokrasi, yaitu bgmna rakyat berpartisipasi dlm mewujudkn negara-bangsa yg adil & sejahtera.. #mengapa2014 
  4. 2014 juga merupakan kesempatan mendapatkan pemimpin yg baik.. Jangan sia-siakan.. Semua harus berpartisipasi.. #mengapa2014
  5. Kita sudah melewati satu masa kepresidenan (dua periode pemilu) hasil pemilihan langsung.. Tanpa ancaman2 non-demokratis.. #mengapa2014
  6. Yg sy maksud ancaman non-demokratis adlh kudeta/penggulingan di tengah jalan.. Kalau kritik, itu masih koridor demokrasi.. #mengapa2014
  7. Itu prestasi, sekaligus komitmen & kedewasaan berdemokrasi.. Kritik & ketdkpuasan ttp disalurkan ke jalur demokratis.. #mengapa2014
  8. Krn itu, jangan sia2kan momentum emas 2014.. Mari kita berpartisipasi mencari pemimpin yg baik..Ikut pemilu.. #mengapa2014 
  9. #PKS juga menganggap penting pemilu 2014.. Bukan semata rutinitas demokrasi, tapi momentum sejarah. Kami bekerja keras.. #mengapa2014
  10. Betul #PKS menghadapi tantangan akibat masalah hukum.. Harus dihadapi tp tdk berkecil hati..Introspeksi & perbaiki diri.. #mengapa2014
  11. Krn itu kami yakin bisa mewarnai pemilu 2014 dgn ide2 kami.. Tdk mudah, kami tahu, makanya kami bersiap2.. #mengapa2014
  12. Pengurus,kader,caleg,simpatisan #PKS siap berpartisipasi dlm pemilu 2014.. Ini momentum sejarah.. Penting bagi kita semua.. #mengapa2014


Penulis: @anismatta

Mengapa PKS

diposkan pada tanggal 23 Feb 2014 21.04 oleh Humas PKS Coblong   [ diperbarui23 Feb 2014 21.07 ]


  1. Skrg ramai publikasi survei... Kadang2 bikin bingung... Kami ambil positifnya saja... Berarti politik kita makin ilmiah.. #mengapaPKS
  2. Dlm bbrp survei, posisi #PKS agak di bawah.. Tergerus isu hukum katanya.. kami baca sebagai masukan utk perbaikan.. #mengapaPKS
  3. Kami optimis.. Krn pemilu berlangsung di bilik suara, bukan dr wwncra petugas survei. Tp juga tdk mau lengah.. Kerja keras!! #mengapaPKS
  4. Sblm kasus hukum terjadi, elektabilitas kami baik.. Pada 2009, #PKS adlh 'market leader' partai menengah & partai islam.. #mengapaPKS
  5. Kasus hukum adlh satu kejadian.. Kami harus berjalan terus.. Kader, pengurus, caleg, simpatisan bekerja terus.. #mengapaPKS
  6. #PKS adlh partai kader, bkn partai figur.. Masalah bisa mengenai satu orang, organisasi hrs bertahan.. Kaderisasi jalan trs.. #mengapaPKS
  7. Kekuatan #PKS ada pd kader, bukan figur.. Komitmen pada visi & nilai, bukan pada orang.. #mengapaPKS
  8. Kami belajar 'in the hard way' dr kasus hukum.. Ujian utk naik kelas.. Instropeksi & perbaikan diri.. Lalu siap bergerak lg.. #mengapaPKS
  9. Sikap & keberpihakan #PKS selama ini jelas : demi rakyat.. Masuk koalisi bukan berarti kehilangan sikap kritis & obyektif.. #mengapaPKS
  10. Kami menolak kenaikan BBM, krn mnrut kami pemerintah belum kasih 'best effort' utk kendalikan harga.. #mengapaPKS
  11. Kami juga tolak kenaikan harga elpiji.. Urusan rakyat tdk boleh "dilepas" ke pasar.. Hrs ada keberpihakan yg jelas.. #mengapaPKS
  12. Sebagian mengkritik #PKS ingin melemahkan #KPK.. Sila amati lagi pembahasan RUU KUHAP.. Sikap kami jelas : kepastian hukum.. #mengapaPKS
  13. Alhamdulillah, kader kami juga dipercaya sbg pemimpin di daerah.. Ada sejumlah gubernur, bupati, dan walikota.. #mengapaPKS
  14. Bahkan, sebagian mereka terpilih ketika kasus hukum sedang menghangat.. Tp krn kader #PKS terus bekerja, rakyat percaya.. #mengapaPKS
  15. Kini caleg & kader kami sedang berjuang untuk mendapatkan kepercayaan & amanah dari Anda, pemilih pada pemilu 2014... #mengapaPKS
  16. InsyaALLAH... dgn dukungan Anda, kami dapat melanjutkan kerja keras kami mewujudkan Indonesia yg adil & sejahtera... #mengapaPKS


Penulis: @anismatta

Jen dan Istrinya: Dua Keluarga

diposkan pada tanggal 1 Jan 2014 23.08 oleh Humas PKS Coblong   [ diperbarui1 Jan 2014 23.48 ]


Kisal sebelumnya, Jen dan Istrinya: Menikah
  1. KISAH INI TAKKAN MUDAH bagi banyak orang. Terutama bagi kekuarga Jen. Khususnya Anaway dan anak2nya.
  2. Kisah ini juga tidak mudah bagi banyak perempuan, yang khawatir ini akan jadi propaganda.
  3. Tak mudah juga bagi teman2 aktivis perempuan yang terkena stigma seolah ini hanya pembenaran.
  4. Maka tentu tak mudah juga bagi saya, karena saya akan dituduh memasuki pribadi orang. Tapi apa pilihannya?
  5. Masalahnya Jen telah menjadi manusia publik. Suka atau tidak. Dan kita memilih jalan yang rumit ini.
  6. Jen sendiri, aku tahu ketika ditanya, dia lebih suka sepi. Apa sih enaknya diomongin orang?
  7. Menjadi orang yang dikenal luar itu seperti merelakan tubuh kita dicabik sekawanan serigala. Tiada henti.
  8. Setelah itu mungkin ada yang menambal, lalu tercabik lagi. Tapi keduanya serasa sakit. Kita kehilangan hidup yang sepi.
  9. Maka bagi Jen, sebenarnya yang berat justru izin partai. Urusan pribadi, izin partai.
  10. Selama di jkt itu, Anaway-lah yang mengantar Szilvia kemana2. Termasuk memperkenalkannya ke keluarga Anaway sendiri.
  11. Jen sendiri tdk banyak bertemu dgn szilvia slm 2 pkn itu, utk memberi kesempatan yang leluasa bagi mereka berdua saling mengenal.
  12. Perbedaan budayalah yg paling dikhawatirkan Jen, disamping tentu perbedaan umur yg terpaut 12 thn.
  13. Tapi semua berjalan dgn baik sampai disitu, tinggal izin partai. Duh ini lagi.
  14. Sebelum meminta izin ke ust. Hilmi Aminuddin, Anaway sdh lbh dulu membawa Szilvia ke rmh beliau.
  15. Setelah itu, barulah Jen menemui ust. Hilmi. Bagi beliau, masalah pribadi sprt ini hrs dikelola dlm konteks kepentingan organisasi.
  16. Tdk mudah bg beliau utk mengizinkan Jen menikah lagi, terutama krn beban organisasinya sbg sekjen.
  17. Selain masalah beban itu jg, bagaimana ini akan berdampak bagi kader secara umum, pimpinan hrs menjadi contoh.
  18. Diskusi di seputar itulah yg alot diantara mrk berdua, yg berlangsung sekitar 2 jam.
  19. Sebegitu alotnya, akhirnya ust. Hilmi mengajukan satu pertanyaan sangat penting kpd Jen sbg sekjen.
  20. Bagaimanapun, kata beliau, suatu saat antum mungkin akan jadi pemimpin nasional di masa yg akan datang, apa ini tdk akan jd masalah?
  21. Jen terdiam lama, lalu menjawab, "Ust" katanya, "Saya tahu diri saya ust, sy lbh tepat utk kerja2 dapur ketimbang jd pejabat publik".
  22. Sejak lama memang Jen menyadari fakta ttg dirinya yg tdk tepat utk jabatan publik. Itulah mengapa selalu menghindarinya.
  23. Jen bisa mengoperasikan partai dgn baik tanpa hrs menjadi pejabat publik, dari dulu itu ia yakini.
  24. Orientasinya lbh kuat ke achievement drpd power. Baginya power adalah tool of achievement, bukan sebaliknya.
  25. Mungkin krn itu, ia gampang meninggalkan jabatannya sbg Wakil Ketua DPR saat hrs jd presiden partai.
  26. Dlm banyak kesempatan, Jen selalu mengatakan jabatan tdk serta merta membuatmu bisa berkontribusi.
  27. "Tapi jika kamu punya kapasitas besar, kamu pasti berkontribusi, walaupun tdk punya jabatan" kata Jen.
  28. Itu dasar dr jawaban2nya kpd ust. Hilmi saat itu, dia lbh nyaman jd org dapur ketimbang jd org panggung.
  29. Ada pikiran lain yg berkecamuk dlm dirinya saat itu, yaitu keinginan utk menguji dirinya sendiri sbg leader. Ini rahasia Jen.
  30. Baginya, fase ini adalah ujian kepemimpinan. Ini ujian stabilitas emosi dan spiritual.
  31. Ini juga ujian kemampuan mengelola org. Ujian bagi kemampuan memikul beban. Kalau ini saja gagal, apa lagi yg lain.
  32. Manusia selalu punya dua sisi dalam hidupnya. Rumahnya dan pekerjaannya. Itu Jen kelola secara seimbang.
  33. Bagi Jen, keluarganya adalah pondasi sosial bagi kehidupan profesionalnya.
  34. Jika seseorang hanya sukses di salah satunya, itu artinya ia tidak akan bisa terbang, krn hanya punya satu sayap.
  35. Alhamdulillah, izin itu akhirnya keluar juga, keesokan harinya mrk lgsg menikah, sederhana tapi mendebarkan.
  36. Pernikahan dilangsungkan di rmh Jen sendiri, tgl 2 mei 2006 stlh magrib. Rumahnya sampai sekarang.
  37. Anaway-lah yg mendandani Szilvia dan menyiapkannya sbg pengantin, lalu membawanya ke ruang tamu sekaligus musholla.
  38. Malam itu Irel bertindak jd wali, Aboe Bakar Alhabsyi khutbah nikah, dan sy bersama Hendro jd saksi.
  39. Ayah, ibu, dan anak2 Jen hadir dlm acara itu. Semua berlangsung singkat dan sederhana.
  40. Takdir adalah penjelasan terbaik utk itu semua, sebab kami tdk punya bayangan bhw ini akan benar2 jd kenyataan.
  41. Ketika menjadi Wakil Ketua DPR thn 2009, Jen memasukkan 2 Istri dalam LHKPN dan ditulis dlm profil anggota DPR.
  42. LHKPN adalah Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara kepada KPK yg diupdate setiap tahun. Boleh tanya Johan Budi.
  43. Sejak awal, Jen tdk khawatir itu akan mengganggu jalan hidupnya sbg politisi.
  44. Sebab politik baginya adalah medan pengabdian, sarana ibadah kpd Allah, bukan karir yg direncanakan, apalagi ambisi.
  45. Yang penting baginya adalah kontribusi, bukan posisi. itulah mengapa ia jd org yg benar2 merdeka dan hidup tanpa beban target karir.
  46. Nilai seseorang akhirnya pd kontribusinya, bukan pd posisi yg dia duduki. Dan itu berpulang pd keikhlasan dan kapasitas.
  47. Itulah yg terjadi thn 2009. Jen berhasil memimpin pemenangan pemilu PKS dgn tambahan 12 kursi DPR baru dari 45 ke 57 kursi.
  48. Jen gila kerja. Waktu menjadi ketua TPPN (Tim Pemenangan Pemilu Nasional), partai digerakkan kerja seperti orang gila.
  49. Jen bisa tidak tidur berhari2, kalau dianggap perlu. Dan itu sering. Saya tidak kuat.
  50. Saya ingat, ketika pernah diajak tidak tidur saat akhir minggu tenang dan penghitungan suara.
  51. Sudah malam tidak tidur habis, subuh diajak olah raga sambil cari sarapan di daerah kota.
  52. Terpaksalah kita kuat2in aja... tapi anehnya ya jadi kuat beneran. Meski minggu berikutnya aku tidur seminggu.
  53. Saya kira karena track record itulah, akhirnya MS aklamasi memilihnya jd presiden saat PKS diterpa badai.
  54. Dan sampai hari ini, Jen masih yang dulu. Tentu aku ingin dia memimpin negeri ini. aku yakin negeri akan tambah baik.
  55. Orang boleh bicara apa saja. Tapi adalah kewajibanku menyampaikan cerita yang tak mungkin dia lakukan sendiri.
  56. Setelah ini aku akan berhenti bicara tentang keluarga Jen. Cukuplah apa yang sudah kusebut.
  57. Aku minta maaf kepada semua yang terluka dan aku minta maaf kepada semua kata2 salah.
  58. Karena ini telah menjadi berita publik aku minta koreksi kalau ada salah.
  59. Memang ada soal2 lain yang tetap perlu di tulis, yaitu tentang sikap kita terhadap keluarga dan politik.
  60.  Ini tema yang takkan gampang, terutama bagi mereka yang percaya bahwa keluarga adalah pilar peradaban bangsa.
  61. Bahwa membangun keluarga sama sulitnya dengan membangun suatu bangsa.
  62. Ini tema berat dan tak semua orang mau perduli, karena untuk mengalaminya perlu jiwa lebih besar.
  63. Maka itulah, dasarnya saya sangat kritis kepada yang menggampangkan poligami. Apalagi kalau dipidatokan.
  64. Apalagi untuk bangga-bangga-an dan perlombaan. Menurut saya itu ciri2 kegagalan keluarga.
  65. Sebagian lelaki ngotot berargumen dengan dalil dan hadits nabi. Padahal ia sembunyikan kekerdilannya.
  66. Sebagian berargumen, seolah itu adalah hak mutlaknya. Dan memaksa, padahal itu hanya kegagalan demi kegagalan.
  67. Poligami bukanlah pelarian dari kegagalan, tapi dia adalah pintu agama yg tak diharamkan. Ada hikmah dan rahasia.
  68. Bagi yang ingin ikut sunnah nabi. Mari pelajari hidup Nabi SAW yang mulia, tiada tara kaffah. Jangan disederhanakan.
  69. Ketahuilah, bahwa Muhammad SAW adalah kekasih Tuhan yang Maha Mulia. Dan perilakunya selalu mulia. Adakah kita?
  70. Adakah kita dapat menjangkau sunnahnya yang dipuji oleh langit dan bumi, lalu mencomot satu karena menguntungkan?
  71. Lebih baik saya mengingatkan itu, sebab saya khawatir orang menganggap saya kampanye bagi laki2... tidak!
  72. Saya sudah cerita, nenek saya yang kuat dan berani mengancam kakek. Ibuku yang mandiri dan pemberani.
  73. Bahkan istri saya, seorang dokter spesialis bedah Oncology. Masuk ke jurusan yg sulit ditembus perempuan.
  74. Saya bangga dengan perempuan kuat, karena hanya mereka yang akan melahirkan anak2 kuat dan determinan sejak awal.
  75. Di depan anak2 mahasiswi kalau ceramah saya katakan, "Jangan terima lamaran lelaki lemah dan cemen".
  76. Di depan mahasiswa saya katakan, "Terbiasalah dengan perempuan galak dan cerewet. Sebab merekalah yg membuatmu matang".
  77. Kekuatan lelaki tidak bisa diklaim sepihak, apalagi dengan memakan obat kuat. Itu omong kosong belaka.
  78. Kekuatan laki2 itu tidak bisa direkayasa, terutama di depan istrinya. ISTERI TAHU Kuat/Lemah mu, GAK bisa bohong.
  79. Jadi, bagi kau yang lemah, kau gak usah pakai dalil untuk mencari pembenaran. Itu takkan membuatmu kuat.
  80. Dan bagi lelaki yang kuat, dia tak perlu banyak bicara, karena kekuatan berbicara dengan sendirinya.
  81. Karena itu, keluarga tidak bisa kita selenggarakan sepihak. Dia memerlukan daya tahan dalam berbicara dan mendengar.
  82. Keluarga jika dimaksudkan sebagai lembaga penataan, maka ia memerlukan karakteristik sebagai organisasi yang kompleks.
  83. Keluarga juga memerlukan pelatihan, pembagian tugas, juga pengembangan kapasitas (training, job division, capacity building).
  84. Dari keluarga, tidak saja harus lahir bapak yang hebat, tetapi juga ibu yang kuat, dan anak2 yang cemerlang.
  85. Keluarga adalah miniatur peradaban. Dan kata Nabi, tiangnya adalah perempuan. Bagaimana kita membolehkan rapuhnya tiang?
  86. Dengan misi besar seperti keluarga, mustahil dijalani dengan emosi, syahwat, atau dengan materi belaka.
  87. Keluarga adalah lembaga akal sehat yang dijalankan secara rasional. Memang ada emosi dan air mata, tapi itu hanya bumbu.
  88. Keluarga, dengan itu selalu merupakan kontrak. Itulah sebabnya ada akad. Seperti dagang atau negara.
  89. Keluarga yang dijalankan tanpa aturan, pasti bubar atau minimal tak menghasilkan apa2, kecuali luka kecewa.
  90. Jangan biarkan mood mengatur keluarga, sebab itu akan jadi keluarga artis. Heboh nikah, heboh cerai, dalam 2 pekan saja.
  91. Keluarga mestilah merupakan pelabuhan cinta sejati. Bukan yang pura2 karena tepuk tangan belaka.
  92. Membangun cinta dalam keluarga itu sepi tak berpamrih, karena ia memang bukan ruang publik.
  93. Kita sekali lagi, terpaksa mengungkap kehidupan pribadi yang baik, karena kita perlu banyak contoh.
  94. Keluarga yang di bangun oleh Den PKS @anismatta tidak bisa sembarang orang. Terlalu banyak kasus gagal.
  95.  Ibarat kata "DON'T TRY THIS AT HOME" atau "Adegan ini dilakukan oleh Professional". Itu kalau adegan bahaya.
  96. Kalau ada yang benci tak mengapa. Karena kebencian orang adalah sumber energi kita untuk lebih baik.
  97. Jika kita kader PKS SEBAIKNYA KITA TERUS PERBAIKI DIRI DALAM agama dan keluarga kita. Tingkatkan ilmu dan amal.
  98. Tahun 2014 hidup kita harus lebih baik. Keluarga harus lebih baik dan bangsa kita harus lebih baik.
  99. Kita harus terus memupuk harapan bagi diri, keluarga, masyarakat, dan bangsa kita, Indonesia Raya.
  100. Masa depan adalah milik mereka yang berani memimpikannya. SELAMAT TAHUN BARU 2014. SEMOGA JAYA KITA SEMUA.

Pencerita: Fahri Hamzah

Jen dan Istrinya: Menikah

diposkan pada tanggal 1 Jan 2014 22.27 oleh Humas PKS Coblong   [ diperbarui1 Jan 2014 23.11 ]


Kisah sebelumnya, Jen dan Istrinya: Jatuh Cinta (2)
  1. Kepalaku panas... tak bisa aku berhenti memikirkan seorang sahabat sekaligus bos
  2. Jen yang sekarang jadi Den tetap bos ku... aku panggil saja Jen... sebab kadang2 aku ingin menjadi prajurit.
  3. Iya, aku prajurit dari imajinasinya yang melayang dan aku harus melayang terkadang. Siap Jenderal!
  4. Di sela2 zikir di Baitullah Tanah Suci, aku ingin dengan niat baik menulis pernikahan Jen dan Isterinya Szilvia.
  5. Aku Ingin mengungkap kebesaran hati Anaway... tidak untuk menakuti perempuan lain. Hanya sebagai kisah.
  6. Aku ingin menulis sedikit yang kutahu tentang Szilvia yg kukenal sebagai manajer toko di Budapest.
  7. MANAJER TOKO DARI BUDAPEST (bisa jadi judul tuh)... yang kemudian menjadi muslimah pendamping Jen.
  8. AKu ingin bersaksi bahwa kisah ini bukan fiksi. Ini kisah nyata. Tentang orang2 yang meyakini takdir.
  9. Ini kisah tentang hidup yang rumit, maka kita sederhanakan saja dalam kepasrahan kepada Allah.
  10. Ini kisah tentang keberanian membuka topeng dan mencemooh kepalsuan simbolik sehari-hari yang mengangkang.
  11. Yang kusenangi dari Jen bukan nekadnya seperti dulu waktu kecil pergi ke puskesmas, khitan sendirian naik angkot.
  12. Aku senang karena dia adalah sedikit dari orang yang membuatku bisa merenung panjang.
  13. Aku, kalau sudah punya mau dan aku yakin bisa menjebol tembok batu, aku akan tabrak. Tidak peduli satu dunia.
  14. Jen adalah sedikit dari orang yang bisa membuatku belok atau bertahan sebentar. Menyuruhku berpikir ulang.
  15. Kembali ke kisah pernikahan Jendral yang rada2 mirip nagabonar. Dia ada slebornya juga (piss hehe...).
  16. Akhirnya mufakat tercapai antara Anaway, Szilvia n Jen... cinta ini hrs dibawa ke Pelaminan...(tambah popcorn).
  17. Mrk bertiga merasa mantap utk melangkah lbh jauh, wkt utk saling mengenal rasanya sdh cukup.
  18. Jangan lupa bahwa sebagian dari percakapan ketiganya juga belangsung lewat email dan kadang telepon.
  19. Szilvia dalam dialognya juga menyampaikan keinginannya melihat Indonesia. Juga ingin belajar Islam di sini.
  20. Tapi baru pada kunjungan ke-3 ke Budapest, Jen mengizinkan Szilvia datang ke jakarta. Szilvia tentu senang.
  21. Proses ini tidak semata2 demi pernikahan. Tidak ada janji pasti, istikharoh masih terus dijalankan. Kepastian dr Allah.
  22. Sprt apa akhirnya perjalanan mrk kami semua tdk tahu... cinta manusia ini sdg menanti penyelesaian takdir.
  23. Mengantisipasi semua kemungkinan itu, Jen mengajukan sebuah kesepakatan yg tdk akan merugikan siapapun di kemudian hari.
  24. Szilvia diberi kesempatan utk berkunjung ke Jkt slm 2 pkn. Selama itu Szilvia adalah tamu Jen, dan hanya tamu.
  25. Szilvia diminta bertemu dgn istri, anak2, ayah ibu, dan keluarga Jen, dan merasakan kehidupan umum di Indonesia.
  26. Jika dlm masa 2 pkn itu mrk bertiga sepakat utk lanjut, mk pernikahan itu bs dilaksanakan saat itu juga.
  27. Jika salah satu pihak tdk setuju, khususnya Szilvia atau Anaway, mk Szilvia kembali ke Budapest seperti tak pernah ada apa2.
  28. Aku tahu maksud Jen, ini soal akurasi dan perhitungan matang... ini bukan langkah sembarangan...
  29. Waktu itu aku tahu. Salah satu opsinya jika gagal dan Szilvia kembali ke Budapest, maka resiko ditanggung Jen.
  30. Jangan lupa bahwa meskipun risiko ditanggung bersama, tapi rasanya perjalanan Szilvia paling jauh.
  31. Maka jika gagal, Jen akan menanggung biaya hidup selama 2 thn (bukan bulan), sesuai dgn jumlah pendapatan Szilvia saat itu.
  32. Itu karena Szilvia meninggalkan pekerjaannya, bahkan mendapatkan tawaran pekerjaan baru yang jauh lebih baik.
  33. Saya mendengar sebuah perusahaan mobil di Eropa menawarnya dengan gaji 4 kali gaji lamanya. Tapi dia sdh bulat.
  34. Jadi dgn menanggung biaya hidup slm 2 tahun jika pernikahan batal, Jen ingin mengapresiasi pengorbanan gadis mualaf itu.
  35. Semua sepakat, dan semua deal disetujui. Tinggal melaksanakan sesuai rencana mereka bertiga.
  36. Tapi ada satu hal yang belum disampaikan dan belum selesai. Yaitu soal ijin ketua Majelia Syuro.
  37. Masih ingat kan soal izin yang ditolak tahun 2002? Kan belum ada izin baru. Lalu bagaimana caranya?
  38. Aku tahu Jen, pasti pilonnya keluar, tapi pilon yang ada hitungannya (nah loh... belom pernah denger kan?).
  39. Dengan ringannya dia menjelaskan posisinya di partai. Dan bahwa kalau ketua MS gak setuju maka semua batal.
  40. Kasarnya, meski mereka bertiga sudah sepakat, tetapi jika partai memutuskan tidak, maka semua batal.
  41. Mungkin tdk gampang bg Szilvia utk mengerti situasi itu, tp iya menerima jg sbg bagian dr proses. Dia sdh siap.
  42. Terasa betul nuansa cinta dan kepasrahan dlm proses menuju pernikahan itu. Tak ada deskripsi lain yg layak.
  43. Ada cinta manusia, ada disiplin organisasi, dan semua dibalut dlm kepasrahan kpd takdir. Kalau ada jodoh, pasti ada jalan.
  44. Ada antisipasi lain yg dilakukan Jen. Bagaimana jika pernikahan itu berantakan di tengah jalan? Mungkin saja.
  45. Jadi Jen mengajukan syarat, jika mereka menikah maka selama 2 tahun pertama, tdk ada buku nikah dan tdk ada anak.
  46. No paper no children utk 2 thn pertama adalah antisipasi kalau mrk merasa tdk cocok, krn berbagai sebab yg mungkin sj terjadi.
  47. Seandainya sblm 2 thn mrk bercerai, tdk ada masalah legal yg rumit bg mrk bertiga. Itu salah satu pertimbangan.
  48. Szilvia jg akan lbh mudah mendapatkan suami baru, krn tdk punya bawaan yang lebih kompleks.
  49. Tp jk itu terjadi, Jen akan tetap menanggung biaya hidup slm bbrp thn yg bisa mrk sepakati kemudian.
  50. Jen kelihatannya memang terlalu rigid dan antisipatif. Tp sbg org Eropa, Szilvia malah menyukai sikap itu.
  51. Ketika akhirnya Szilvia tiba di jkt, Jen menyambutnya dengan kalimat "Welcome to The Junggle".
  52. Szilvia tersenyum mendengarnya sambil bertanya knp disambut begitu? Apakah kau nervous?
  53. Kata Jen serius, "Sebab hidup tdk akan mudah bagimu dan bagi kt semua setelah hari ini". Provokator ulung.
  54. "Benar jg sih, sebab jika kita tdk jadi menikah, kita akan menanggung rindu dan kecewa dalam waktu yang lama" kata Szilvia. AMPUUN.
  55. "Tapi jika jadi menikah, kita juga akan menanggung beban hidup yang tidak ringan." Samber sang Jen, kayak dialog sinetron.
  56. Ada beban emosi, beban sosial, beban politik, dan tentu saja beban keuangan. Semua akan mereka tanggung.
  57. Perkenalan dgn keluarga Jen berjalan dgn baik sejak kedatangan Szilvia. Semua keluarga dan anak2 tak ada masalah.
  58. TAPI JANGAN LUPA, izin pimpinan partai belum keluar. Tuan sekjen sudah janji kepada kami bahwa itu syarat mutlak.
  59. Bersambung... Jen dan Istrinya: Dua Keluarga

Pencerita: Fahri Hamzah

1-10 of 28