Warta‎ > ‎Profil Tokoh‎ > ‎

Eko Kurnianto Wardoyo, Ketua DPC PKS Coblong

diposting pada tanggal 26 Sep 2013 00.21 oleh Humas PKS Coblong   [ diperbarui20 Des 2013 00.48 ]
"Menjadi anggota dewan bukan profesi, melainkan sebagai pengabdian kepada masyarakat" 

Eko Kurnianto Wardoyo
Pak Eko, Alumni Teknik Penerbangan ITB ini dicalonkan sebagai Caleg DPRD Kota Bandung dari Partai Keadilan Sejahtera. Niatan dan tujuan menjadi anggota dewan bukanlah hal yang utama, bukan dijadikan sebagai profesi, melainkan sebagai pengabdian kepada masyarakat. Berikut petikan wawancara Nur Hakim dari wartabandung.com di Sekretariat Bersama PKS, Jalan Dago Bandung.

Apa tujuan Saudara menjadi mencalonkan sebagai anggota DPRD Kota Bandung?

Jadi, menjadi anggota dewan sebenarnya bukan sebagai profesi, bagi saya pribadi tidak boleh sebagai profesi, karena bila sebagai profesi maka yang dicari materi dan kepentingan. Dan saya diamanahi menjadi calon anggota DPRD Kota Bandung sebagai tujuan untuk mengabdi kepada masyarakat dan sebagai sarana lain yang lebih besar untuk mewakili masyarakat Kota Bandung.

Kenapa menjadi caleg dari PKS?

Saya pilih PKS karena visi dan misi sama dengan ideologi saya. Selama ini bagi saya, PKS adalah partai yang bersih, kalaupun saat ini ada kasus PKS itupun juga belum terbukti. Kemudian memiliki kesamaan khittah perjuangan bagi saya untuk saat ini.   

Bagaimana menurut Saudara tentang Bandung sekarang ini setelah terpilihnya Ridwan Kamil sebagai Walikota Bandung 2013-2018?

Bandung memiliki harapan baru, Bandung memiliki cita-cita baru, Bandung memiliki tata kelola yang bagus, akan tetapi walikota dan wakil walikota tidak bisa bekerja sendiri. Perlu dibantu oleh masyarakat secara umum / informal dan dibantu secara formal, yaitu DPRD Kota Bandung. DPRD ini menetapkan kebijakan-kebijakan bersama walikota, karena keputusan, pengawasan dan anggaran dikeluarkan oleh DPRD Kota Bandung. DPRD dan Walikota adalah dua elemen berbeda yang bisa dikerjasamakan untuk kepentingan masyarakat Kota Bandung.

Apabila terpilih sebagai Anggota DPRD Kota Bandung, apa yang Saudara fokuskan?

Kalau misalnya saya terpilih sebagai Anggota DPRD Kota Bandung, maka yang saya fokuskan adalah menyukseskan program Bandung Juara. PKS ini adalah partai pendukung Walikota Bandung. Dalam politik artinya partainya pemerintah bukan oposisi, jadi kebijakan-kebijakan Walikota Bandung yang kemarin dikampanyekan itu menjadi bagian dari program DPRD dan program PKS. Sebagai kawan, akan kita sukseskan.

Kalau misalnya tidak terpilih sebagai Anggota DPRD Kota Bandung?

Kalau saya tidak terpilih maka saya akan menikmati kesibukan saya sebagai wiraswasta pendiri Sekolah Alam dan sebagai guru di sekolah. Jadi, kesibukan saya banyak kalau misalnya tidak terpilih. Menjadi anggota dewan ialah amanah saja sebenarnya. Bila tidak jadi, bagi saya tidak masalah.   

Bagaimana tanggapan keluarga mengenai pencalonan ini?

Alhamdulilah, keluarga saya dan istri mendukung sebagai caleg DPRD Kota Bandung. Kebetulan istri saya juga aktifis di kemahasiswaan ITB, Gamais, dan Kammi. Jadi, sebenarnya yang layak jadi anggota dewan adalah istri saya, bukan saya.

Bagaimana tanggapan Saudara mengenai PKS yang sekarang terkena kasus dan berapa persen untuk mencapai target 2014?

Kasus PKS bagi saya itu belum terbukti. Dan memang realitas di lapangan, citra PKS sedang menurun. Yang kami lakukan di Kota Bandung ialah dengan melakukan pendekatan dan silaturahim, kepada masyarakat kami datang. Kalau misalnya ada kritikan kami jawab dan kalau kami salah, kami juga meminta maaf. Yang penting, bagaimana kita dekat dengan masyarakat, jadi kalau misalnya ada kritikan dan kami menjauh maka itu akan membuat citra PKS buruk. Target Pileg 2014 di Kota Bandung, PKS nomor satu dengan raihan sekitar 50%, sedangkan di pusat kita targetkan masuk tiga terbesar.


Sumber: wartabandung.com (Dengan beberapa pengubahan oleh Redaksi)
Comments